Thursday, April 18, 2013

Pelestarian Kebudayaan?!


Pada ngerasa ga sih Indonesia ini banyak ga adilnya, salah satu contohnya y ini nih kedok pelestarian kebudayan. Ada suku beberapa yang dibiarin g pake baju dengan tujuan biar jadi unik dan narik perhatian bangsa lain untuk mau datang ke Indonesia. Sedih ga sih?

Apa sih budaya?


Copas dari Wikipedia Indonesia :

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari

Dari artinya aja keliatan budaya itu berkembang terus ga diem di satu titik aja apa lagi kalo ada interaksi dengan kebudayaan lain pasti bikin budaya berubah. Contoh jaman dulu orang bule ngikut-ngikut pake kertas gara-gara liat orang orang cina yg nulis pake kertas.




Jangan biarin kebudayaan mereka tetap di satu titik aja!


Kalo denger kalimat “pelestarian kebudayaan” yang pertama ada di pikiran penulis itu selalu lari ke orang papua pedalaman atau orang dayak  atau suku pedalaman lain yang dibiarin aja dengan keadaannya sekarang. Sering kedengeran orang berpendapat, ”mereka itu unik harus dilestarikan, kalo ga ada lagi nanti budaya kayak gitu”. Kalo ditanya kenapa sih dibiarin unik gitu ga pake baju ada yang jawab biar budaya kita kaya, lebih kaya dibanding bangsa lain!!!!!!!!  Mungkin bisa diartiin simple kayak gini kali ya “Kita bisa dapet duit nih dari pariwisata kalo ngeliatin orang-orang pedalaman ke bule, bule demen nih yang kayak gitu”.

Ayam Sayur!

Kalo tujuannya uang atau buat kita dipandang sama bangsa lain masih ada cara yang lebih terhormat kan? Jangan kita mau untung, eh malah ngorbanin sudara kita yang lain. Semua bangsa kayaknya pernah ngalamin jaman g pake baju contoh mesir deh. Dulu juga pada g pake baju (liat gambar 2), tapi g dilestariin kan yang bagian g pake bajunya. Suku yang baju adatnya ketutup juga ada jamannya mereka ga pake baju dulu tapi kenapa baju adatnya sekarang pake baju kenapa g dipilih yang jaman g pake baju aja.



gambar2


Apa  jaman nenek moyang kita waktu jaman g pake baju itu dianggep kebudayan yang udah punah? Jadinya itu bukan baju adat kita?

Jangan biarin orang-orang pedalaman dalem keadaan tertinggal terus, dulu kita juga pernah kayak mereka. Kasih kebudayan mereka kesempatan buat berkembang juga sama kayak kebudayaan kita berkembang.

2 comments: