Saturday, May 11, 2013

Device to Deceive Communication use case: Location Based Services


Kenapa sih di post sebelumnya d2d diarahkan untuk location based service, apa sih untungnya dibandingin location based service tradisional. Disini kita akan bahas tentang salah satu location based service kira diimplementasi dalam device to device selular.

Apa sih Location Based Service?





gambar 1

Simpelnya location based services itu service yang gunain informasi lokasi dalam aplikasinya. Contoh paling gampang itu iklan kalo kita masuk mall. Suka adakan waktu kita masuk mall dapet sms “ selamat datang di mall … nikmati diskon di …. “. Ada lagi model Google Latitude,  pake itu kita bisa tau posisi temen kita dimana. GPS dan makandimana, juga termasuk location based services.

Location Based D2D selular


Buat yang baru join mau tau gambaran umum D2D itu kayak apa bisa dilihat di sini. Untuk pembahasan kali ini kita akan persempit ke model Promosi toko, buat lebih detil bisa liat 3GPP TR 22.803 V12.0.0.

Model Promosi Toko


Ilustrasinya  kayak di gambar1. Ketika kita ada di suatu tempat eh ada deh notifikasi promosi masuk. Sistem yang ada sekarang itu kurang lebih seperti gambar2 untuk notifikasi sms promosi.


gambar 2


Secara periodik server applikasi bakalan query(nanya) keCore Network(CN) tentang nomer mana aja sih yang lagi ada di lokasi tertentubiasanya menggunakan cell-id) nah begitu dapet list nomer-nomernya server applikasinya bakalan send promosinya lewat core network ke semua nomer-nomer itu, dapet deh kita notifikasinya.

Untuk kasus D2D lebih simple lagi flownya (liat gambar3), server toko cukup broadcast aja langsung notifikasinya dengan power tertentu(baca : kecil) jadi udah pasti yang nerima notifikasi udah pasti deket sama toko.



gambar 3

Model D2D Plus

  1.  Simple secara flow, ga perlu lagi ada query ke CN
  2.   Beban network lebih enteng.

Drawback

  1. Harus di design hati-hati agar broadcast notifikasi tidak mengganggu koneksi yang sedang aktif(e.g. lagi telfonan, lagi whatsapp, dll)
  2. Gimana caranya biar orang ga dapet notifikasi berulang ulang. Ga mau kan kalo kita emang tinggal di deket toko itu kita dapet notifikasi tiap saat.

Ok sekian, kita tunggu aja gimana sih kedepannya perkembangan D2D ini.

1 comment:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Location Based Service', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5281/1/jurnal.pdf
    terimakasih

    ReplyDelete