Saturday, January 25, 2014

Tukang Jualan

Ga tau kenapa gw lagi pengen nulis tentang tukang jualan jaman gw kecil dulu.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di depan rumah nenek gw suka lewat tukang ketoprak, Ujang dipanggilnya sama sudara-sudara gw. Kayaknya dia jualan dari jaman gw kecil banget ini. Ketopraknya enak, bumbu kacangnya ga kecairan dan beneran kacang, terus tahunya bagus, kayaknya togenya seger (gw ga pernah pesen pake toge). Bisa ditambah tambahin lagi bumbunya, misal mau bawang putih  banyak kayak Om gw, bisa atau mau kerupuk banyak,  mau kerupuknya sama bumbu kacangnya aja juga boleh.

Terus ada lagi tukang sate ayam, dipanggilnya Si Cak. Sate madura ini. Si Cak ini juga jualan dari gw kecil keliling kandang lewat rumah kadang lewat rumah nenek, kalo ada bunyi bell sepedah terus ada teriakan sate pasti itu Si Cak. Yang gw suka dari dia ini satenya ayamnya enak, lembek-lembek ditengah satenya ga amis kalo kelamaan dikunyah sama bumbu kacangnya manis terus ga encer. Gw makan nasinya diaduk sama kuah satenya.




Dari tukang sate lanjut ke tukang sate. Ga jauh dari rumah gw ada tukang sate kambing enak. Sekarang namanya Sate Bang Ucu seinget gw dulu namanya nama bapaknya Bang Ucu ini. Harga awal yang gw inget dari sate ini itu setusuk 500 itu jaman gw SD 15 taun lalu. Satenya kambingnya ya bumbu kecap pake potongan bawang merah sama cabe rawit. Buat yang suka sate kambing bumbu kacang ya salah tempat.
Satenya ini empuk, bukan kayak sate kambing muda di belakang wisma mulya yang dimasaknya medium.
Ini sate Bang Ucu mateng (serat dagingnya udah kerasa) tapi empuk. Nah gw ada cerita ini tentang keluarganya Bang Ucu. Dulu orangnya sempet ngontrak di deket rumah nenek gw. Pernah dulu rumahnya diserang orang, katanya sih awalnya ada orang yang ngintip-ngintip rumahnya itu. Nah yang ngintip ini digampar sama anaknya. Eh dateng rombongan nyerang tapi gapapa kok cm dipecah-pecahin aja kaca sama TV.



Cukup dulu makanan beratnya sekarang kita ke kue-kue. Pas gw TK emak gw suka beli kue dari tukang kue keliling. Gw ga tau nama si bapak ini yang jelas ini bapak masih jualan sampe sekarang. Sepupu gw yang masih SD juga beli dari dia. Gw jadi demen kue sus ya dari beli sama dia ini kayaknya sebelum gw kenal sus merdeka. Dia jualan macem-macem kue mulai dari sus, bika ambon, kue kue yang kayak bolu ijo, sampe puding di-Cup kecil. Kue-kuenya di taro dibox belakang sepedahnya modelnya kayak box motor delivery Pizza Hut.

Yang terakhir ini bukan tukang makanan cuma paling gw inget. Ini abang-abang loper koran pake sepedah. Mulai kenalnya dari TK atau awal SD sejak gw langganan Bobo  terus akhirnya Fantasi (dulu isinya satria baja hitam sama film-film jepang yang sejenis itu) juga langganan. Nah pernah dulu gw pas SD ada temen yang bawa majalah setan-setanan, majalah Misteri apa. Gw juga mau beli akhirnya pesen sama dia. Ini si abangnya nangih bayar langganan awal bulan apa ya, emak gw yang tau. Nah pas gw SMP berhubung udah gede dan satu dua hal lain akhirnya di stop. Gw sedih banget dulu pas di stop langganannya.

Pengen rasanya tukang-tukang jualan kayak gitu tetep ada.  Ga kegusur sama bisnis franchise. Coba bandingin beli di tukang jualan yang emang itu bisnis dia terus orangnya interaksi langsung sama kita sama McD, KFC atau Solaria. Rasa kekeluargaannya lain, belum lagi kalo yang jualan itu emang warga sekitar yang kita kenal. Enak kan kalo ada warung ketoprak modern tapi yang punya ya yang bikin ketopraknya.




No comments:

Post a Comment